Kamis, 04 Maret 2010

Trik Game Pro Evolution Soccer 2008


Kali ini aku akan membahas tentang Pro Evolution Soccer 2008 (yang selanjutnya disebut PES08). Memang sudah agak lama sih game ini. Tapi bagi yang masih menggunakanya mungkin artikel ini perlu untuk dibaca. Dalam PES08 ada beberapa trik yang mungkin bisa digunakan untuk mempermudah kita dalam bermain dan memenangkan pertadingan. Triknya cukup mudah, yaitu, masuk ke Edit, Player, Edit Player, kemudian cari pemain pemain jagoan kamu yang kamu gunakan dalam pertandingan. Kemudian utak atiklah player ability pemain jagoan kamu sesuai keinginan. Misal kamu ingin pemainmu mempunyai kecepatan berlari dengan bola yang tinggi, ubah nilai Drible Speednya menjadi lebih tinggi. Bila ingin mempunyai tembakan yang melengkung, ubah nilai Sverve menjadi lebih tinggi juga. Dan lainnya lagi sesuai keinginan kamu. Tapi, itu adalah trik yang KOTOR alias CURANG. He...he..he....

Karena aku bukan orang yang curang, aku tidak menggunakan trik itu. Karena tanpa trik itu pun, bila main di PES08 versi game komputernya (bukan versi Play Stations) aku sering menangnya (pernah kalah juga sih...tapi jarang). Ada beberapa trik baik secara strategi maupun manual permainan si playernya dalam mengutak atik tombol stik/gamepadnya.

Trik Strategi

Ketika menyerang, gunakan formasi 4-3-3.
- 1 GK/goalkeeper (pasti lah)
- 2 CB/Center Back
- 2 SB/Side Back
- 1 DMF/Defensive Midfielder
- 1 CMF/Center Midfielder
- 1 AMF/Attacking Midfielder
- 2 WF/Wing Forward
- 1 CF/Center Forward
Untuk menggunakan formasi ini, dibutuhkan seorang playmaker yang bagus dapat mengatur permainan dan dapat menahan bola ketika para pemain belum berada di posisi menyerang. Playmaker ini diposisikan di posisi AMF. Banyak yang bisa mengisi posisi ini, seperti Kaka', Balack, Schweinsteiger, ataupun Beckham. Pada posisi SB dan WF dibutuhkan pemain dengan tingkat drible speed yang tinggi, karena selain dengan menyerang dari tengah melalui AMF, formasi ini sangat enak bila digunakan untuk menyerang dari samping atau dari kedua sisinya. Bila kita mendapat tendangan gawang, oper bola pada SB terdekat (jangan melakukan tendangan gawang jarak jauh). Setelah bola dikuasai SB, drible melewati 1 / 2 pemain lawan (inilah mengapa dibutuhkan pemain dengan drible speed yang tinggi) kemudian oper ke WF yang berada pada sisi yang sama. Nah, bila sudah dikuasai WF, kamu bisa memutuskan untuk melewati beberapa pemain lawan lagi kemudian menembak ke gawang, atau melakukan crossing yang bisa menjadi peluang bagi sang CF. Serangan dari sisi ini adalah serangan yang cukup bagus. Kemungkinan bisa mencetak gol dari serangan ini adalah 85%. Cukup tinggi kan. Dengan catatan menggunakan pemain pemain yang mempunyai posisi yang tepat dan ability yang mendukung.

Sedangkan ketika bertahan, formasi pertahanan yang paling bagus adalah 5-4-1 (mirip catenacio sih)
- 1 GK/goalkeeper (pasti lah)
- 3 CB/Center Back
- 2 SB/Side Back
- 4 DMF/Defensive Midfielder
- 1 CF/Center Forward
Formasi ini bisa mengagetkan lawan karena ketika semua pemain mundur bertahan, CF akan standby di tengah lapangan (note. CF diposisikan agak jauh dari 4 DMF). Bila lawan gencar menyerang, karena menumpuknya pemain belakang kita, pemain belakang lawan akan tertarik untuk membantu penyerangan, nah ketika bola berhasil direbut, umpan jauhlah langsung pada sang CF yang sedang standby ditengah lapangan. Dibutuhkan CF dengan respone, dan speed tinggi agar dapat lebih meningkatkan tngkat kebahayaan dari serangan balik itu.

Selain formasi, strategi juga perlu. Selama pertandingan sebaiknya strategi Counter Attack dan Pressure selalu aktif. Ini supaya ketika lawan menguasai bola, pemain kita akan aktif menekan para pemain lawan, dan ketika mendapatkan bola, semua pemain dengan cepat menempatkan diri pada posisi menyerang.

Tips lagi sedikit untuk strategi. Jangan takut untuk melakukan shoting jarak jauh. Apalagi jika menggunakan pemain pemain dengan shot power yang tinggi seperti Gerrard, Lampard, karena kipper dalam PES 08 sering melakukan blunder. Jadi ada kemungkinan bisa terjadi gol dari jarak jauh.

Permainan Gamepad/Stik

Ada banyak sekali kombinasi kombinasi dalam menekan tombol tombol yang ada pada gamepad/stik. Baik yang digunakan untuk menyerang, bertahan, ataupun untuk kondisi kondisi set piece. Jadi jika saya jelaskan disini, mungkin kamu malah akan bingung da mungkin malas membacanya. jadi, akan lebih afdhol jika kamu mempelajarinya sendiri. Pada saat pertandingan, pencet Start, lalu pilih Command List, dan disitu ada petunkuk penggunaan stik, baik dalam kondisi menyerang, bertahan, set piece, maupun kombinasi menggunakan strategi.

So...Let's Play Pro Evolution Soccer 2008.

2 Tanda Mata:

gan punya updatean / option file season 2012-2013 gak?

Posting Komentar