Sabtu, 13 Maret 2010

Fenomena Selat Gibraltar

Selat Gibraltar, pada sisi utara adalah Spanyol dan Gibraltar (Eropa), pada sisi selatan adalah Maroko dan Ceuta (sebuah eksklave Spanyol di Afrika Utara). Selat inilah yang memisahkan Laut Tengah dengan Samudera Atlantik. Secara geografis tempat ini sangat strategis. Karena Selat Gibraltar ini merupakan satu satunya jalan untuk pelayaran dari Samudera Atlantik untuk menuju Laut Tengah dan sebaliknya dari Laut Tengah menuju ke Samudera Atlantik. Jika saja tidak ada selat ini, maka pelayaran dari wilayah Laut Tengah menuju Samudera Atlantik, harus memutar melewati sebelah timur benua Afrika. Itupun jika Terusan Zues sudah dibangun. Jika terusan Zues tidak dibangun dan tidak ada selat Gibraltar, maka Laut Tengah akan terisolir dari samudera samudera didunia. Dan tidak ada pelayaran yang keluar atau masuk ke Laut Tengah.

Karena tempatnya yang strategis itulah maka selat Gibraltar sangat diinginkan oleh banyak negara. Ada beberapa pulau kecil dalam selat ini yang diperebutkan, seperti Pulau Perejil, yang diklaim oleh Spanyol dan Maroko. Bahkan pada Perang Dunia ke II dahulu, Inggris menguasai selat ini. Sehingga kapal kapal Jerman yang bergerak dari samudera Atlantik menuju Mediterania (Laut Tengah)terjebak di sini. Bahkan kapal selam Jermanpun tidak bisa melewatinya. Jika kapal selam mengapung, akan terlihat dengan jelas oleh pasukan Inggris. Bila memaksa menyelam, maka mereka akan terjebak dalam arus selat Gibraltar yang sangat deras di bagian bawahnya.

Arus Selat Gibraltar memang sangat besar di bagian bawahnya. Hal ini dikarenakan perbedaan suhu, kadar garam, dan kerapatan air (density)nya. Air laut di laut Tengah memiliki kerapatan dan kadar garam yang lebih tinggi dari air laut yang ada di Samudera Atlantik. Menurut sifatnya, air akan bergerak dari kerapatan tinggi ke daerah dengan kerapatan air yang lebih rendah. Sehingga arus di selat Gibraltar bergerak ke barat, menuju Samudera Atlantik. Lalu apakah air ini akan bercampur dengan air di Samudera Atlantik?

TIDAK!. Lho?? Ternyata ketika air laut dari Laut Tengah menuju Samudera Atlantik, mereka tidak mencampur. Seakan ada sekat yang memisahkan kedua jenis air ini. Bahkan batas antara kedua air dari dua buah laut ini sangat jelas. Air laut dari Samudera Atlantik berwarna biru lebih cerah. Sedangkan air laut dari Laut Tengah berwarna lebih gelap. Inilah keajaiban alam. Tidak hanya itu yang aneh dari perilaku dari kedua air laut ini. Ternyarta, air laut dari laut Tengah yang tidak mau bercampur dengan air laut dari Samudera Atlantik ini menyusup dibawah air laut yang berasal dari Samudera Atlantik. Air dari Laut Tengah ini menyusup di bawah air dari Samudera Atlantik di bawah kedalaman 1000 meter dari permukaan Samudera Atlantik. Masya Allah, ternyata tidak hanya manusia saja yang berbeda beda, bahkan air lautpun ada yang tidak mau menyatu. Ini merupakan bukti nyata dari firman Allah: “Dia membiarkan dua lautan mengalir yang (kemudian) keduanya bertemu, diantara keduanya ada batas yang tidak dilampaui oleh masing-masing.” (Q.S. Ar-Rahman : 19-20)


23 Tanda Mata:

biasa aja pun....
nama nya juga perbedaan density dan kadar garam...
lama kelamaan juga bakalan nyatu kok kalo kadar garam nya sama...
banayak2 baca buku terutama baca buku kimia dan ilmu exacta laen nya...
jangan hanya baca Q.S. ja....

ya, betul biasa saja menurut mereka yang belajar kimia dan fisika sekarang ...
Yang luar biasa adalah hal ini sudah disebutkan dlm al Quran 15 abad yl. Kok Muhammad saw sdh tahu ya, dia bukan hanya tdk baca buku2 kimia/fisika (apakah pd waktu itu sdh dibahas para ilmuwan ?)bahkan tdk bisa tulis baca.
Ghostlike sebaiknya tdk hanya berpikir eksakta saja, beriman jugalah. Atau sudah beriman kepada ghost ... :-) he, he, heee..

Mangindo

cara ngungkapin komentarnya ga enak bgt tuh ghostike...bener2 hantu ...pemikirannya sperti setan

hanya orang beriman yg mengakui kebesaran alloh, ilmu tanpa iman akan menyesatkan

Me...different anonymous...Definitely agree with anonymous above has said...
Alasan kdua aer laut ne g mw bersatu br ja ditemukan oleh para ilmuwan kelautan abad 20M... Sedangkan Al-Quran ? Subhanallah Maha Besar Allah... Hanya Allah yg tahu segala-galanya.... Gk perlu bljr..kyk Mr or Mrs or Ms Ghost ? Maaf y cz tdk sepaham dg Anda... Semakin pintar seharusnya semakin beriman...

sepertinya ghostlike pemuja berhala jenis baru. Ilmu pengetahuan yang diagungkan secara membabi buta...
Semoga Allah Azza wa Jalla membukakan pintu hidayah buat dia...

Subhanallah,,,,,,,,,,,

Penjelasan secara fisika modern baru ada di abad 20 M oleh ahli-ahli Oceanografi. Firman di Al Quran itu diturunkan di abad ke 7 M, empatbelas abad yang lalu. Jadi kalimat siapa itu? Yang pasti bukan kalimat Muhammad (yang butahuruf). Itu adalah kalimatnya Allah. Itu adalah firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui malaikat Jibril. Maka nikmat Tuhan yang mana yang kamu dustakan? ghostlike...you're very very like ghost, astagfirullah....

agan ghostlike emang bener sih, tapi kalo liat agan2 yg lain kok pada mojokin... kasian bgt. agan ghostlike ane yakin bisa sukses kalo terus belajar dan (inget) berdoa. agan-agan yg laen coba lihat peradaban, cara berfikir dan kemungkinan lain yg lebih maju dibanding timur tengah di masa yg bahkan jauh lebih tua dari turunnya Al Quran, bagaimana pandangan dan gambaran mereka terhadap fenomena tersebut? Ane Islam 100% tapi ane juga pake pikiran yg diberikan Allah untuk berfikir

apa kali maksudnya mojokin..ini fakta bung, islam 100% insaallah aku yakin, tapi apa ente sudah yakin melaksanakan syariah dengan benar 100%...hahahaaaa....kasihan sekali teman kita ini dangkal pikirannya....maaf kalau tidak cocok pendapat kita..

Fenomena alam...Tuhan memang maha Besar

sesungguhnya di dalam penciptaan langit dan bimi, dan silih bergantinya siang dan malam terdapat tanda bagi orang yang berfikir, yaitu orang yang selalu ingat Alloh saat ia berdiri, duduk, dan terbaring, seraya berdoa ...Yaa Robbi tidak sia-sia Engkau cipta kan langit dan bumi... Maha Suci Engkau, lindungi kami dari siksa api neraka......( tidak ada yang sia-sia semua yang diciptakan oleh Alloh)

ane muslim, syukur Alhamdulillah ane memahami Islam Agama yg sempurna ini, baik secara Akal, bathin (hati)apabila ada kejadian-kejadian yg menakjubkan di dunia ini, ane tidak getun dan tidak heran, tapi ane ingin mempelajarinya untuk menambah keimanan kepada-Nya

Allah Maha Besar lagi Maha Mengetahui...

wawwwww.... amazing

yang mengatakan hal ini biasa ya biarkan saja. yang mengatakan wawww amazing. is the best bozzzzzzzzzzzzz. karena ini bukan biasa tapi this is amazing

memang benar keadaanya, jika logika manusia bisa dijelaskan terhadap Q.S akan tetapi Q.S tidak bisa dijelaskan terhadap logika manusia.
masalah dua keadaan air laut yg tidak bisa menyatu itu bisa menyatu akan tetapi membutuhkan waktu yg tidak singkat, bahkan membutuhkan jutaan tahun lamanya dikarenakan itu air laut yg sangat luas, bukan air di dalam gelas.

ya maklum aja lah ..!Si ghostlike khan ilmunya hanya sebatas gelas dengan kadar garam dapur..! ya gk mungkin ngerti masalah kadar garam samudra raya.

Segala sesuatu di dunia ini memang udah tergambar dalam ALQURAN...Tinggal kita yg menelaah dan mempelajarinya.

MahaBenar ALLAH atas segala firman-firmanNYA...

mikir dikitlah, kalo lama kelamaan akan nyampur, Al qur'an ngasih tahu 14 abad yg lalu itu laut g nyampur sampe sekarang sama kagak nyampur, mau nunggu kapan lg nyampurnya kalo yg bikin dunia mengkabarkan ada 2 lautan yg g nyampur

AlQuran adalh pusat segala ilmu pengetahuan, masa lalu, sekarang, dan masa datang....semua yang terjadi dan akan terjadi sudah dijelaskan...maka imanilah AlQuran...Allah Maha Segalanya...Ghostlike, belajarlah lagi sebelum mengatakan sesuatu.

اَللّهُ اَكْبَرُ kebenaran alquran sudah jelas hanya orang yg tidak punya iman spti Ghostlike yg tidak percaya..

Poskan Komentar