Sabtu, 27 Februari 2010

Sistem Intake Selokan Mataram

Menyambung soal postingan saya tentang tempat wisata Ancol, kali ini saya akan membahas tentang Selokan Mataran. Seperti penjelasan saya pada postingan Ancol, Tempat Wisata yang Terlantar, bahwa di Ancol terdapat intake dari Selokan Mataram. Selokan Mataram bisa terus mengalir karena sesudah intake di Sungai Progo terdapat sebuah bendungan. Inilah yang menyebabkan input air ke Selokan Mataram selalu ada. Kecuali jika Sungai Progo benar benar kering.

Bagaimana jika Sungai Progo sedang sangat penuh, apakah Selokan Mataram akan meluber? Tidak. Karena dalam memasukkan air ke Selokan mataram, intake ini bisa diatur debit airnya. Anda pasti berpikir bahwa cara untuk mengatur input ini hanya dengan menggunakan satu atau beberapa pintu air. Salah. Karena untuk mengatur input air ke Selokan Mataram tidak meggunakan sistem yang sesederhana itu.

Perlu anda tahu bahwa pengaturan input selokan mataram menggunakan sistem yang cukup kompleks. Ada tempat air masuk, ada pula tempat untuk mengeluarkan kelebihan air yang terletak tidak jauh dari lokasi intake tersebut. Secara sederhana mekanisme pengaturan debit Selokan Mataram bisa saya ceritakan seperti ini.

Air masuk dari Sungai Progo ke Selokan Mataram melalui intake Selokan Mataram. Intake ini berada di bawah sebuah jembatan. Air masuk, dan dibawah jembatan itu ada empat buah pintu air yang digunakan sebagai pengatur pertama debit Selokan Mataram. Setelah melewati pintu pertama ini, ada sebuah saluran yang panjangnya sekitar 1 km. Berjarak 1 km dari pintu pertama tadi, ada pintu kedua yang mengatur debit Selokan Mataram. Dan di sinilah, ada saluran yang berfungsi untuk mengurangi debit air Selokan Mataram dengan mengalirkan air keluar Selokan Mataram dan kembali ke Sungai Progo.

Mungkin penjelasan saya kurang jelas, sehingga saya coba menggambarkan sistem tersebut dengan menyederhanakan beberapa bagiannya.

Sedikit menambahkan saja. Tahukah anda bahwa sekitar 250 meter bagian Selokan Mataram berada di bawah tanah? Ya sekitar 250 meter aliran Selokan Mataram berada di dalam tanah. Tidak percaya, ini adalah gambar dimana Selokan Mataram masuk ke dalam tanah, dan munculnya kembali Selokan Mataram.


Keterangan gambar dibawah. Diurut aja nomernya ya...

1. skema input selokan mataram.....tapi sorry, made in sendiri...jadi jelek gitu
2. air keluar dari pintu air I
3. pintu masuk ruang kontrol pintu air I
4. pintu air II
5. foto setelah melewati pintu air II, kiri adalah selokan mataram, knan adalah saluran air yang kembali ke sungai progo
6.air keluar dari pintu air II dan masuk kembali ke Sungai progo
7. tempat selokan mataram masuk ke dalam tanah
8.tempat selokan mataram muncul ke permukaan















2 Tanda Mata:

ndi gambare?
Aku gak percoyo har...
ngapusi we...

Ngko mbengi ae....
upload saiki marai emosi e....
aku ngantekan posting 3 artikel sik judule sistem intake kuwi...
sabar yo...

Posting Komentar