Rabu, 24 Februari 2010

Ancol, Tempat Wisata Yang Terlantar



ANCOL. Mendengar kata tersebut pasti anda akan membayangkan sebuah pantai yang indah yang dipenuhi wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Ya benar memang, ancol adalah salah satu tempat wisata di Jakarta. Bahkan ancol tidak hanya suatu obyek wisata pantai saja, tapi juga ada tempat tempat yang menarik untuk dikunjungi dan sayang untuk dilewatkan bila kita berkunjung ke sana. Percayakah anda bahwa gambar diatas adalah Ancol?


Mungkin sebagian percaya. Tetapi mungkin juga lebih banyak orang yang tidak percaya bahwa itu adalah ancol. Ketika saya mengatakan bahwa itu adalah ancol, maka anda akan menyangkalnya dengan menanyakan “Ancol?Ancol sebelah mana tuh?”.
Gambar tersebut memang ancol. Tetapi bukan ancol tempat wisata yang telah saya deskripsikan tadi. Ancol pada gambar tersebut terletak di perbatasan antara Jawa Tengan dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya di perbatasan antara Kabupaten Magelang di Jawa Tengah dan kabupaten Kulonprogo di Daerah Istimewa Yogyakarta. Gambar dari ancol tersebut tidak lain adalah Sungai Progo.

Ancol merupakan suatu lokasi wisata lokal (bisa dikatakan seperti itu). Dimana di Ancol tersebut terdapat intake saluran Selokan Mataram. Atau dengan kata lain bahwa ancol merupakan titik awal dari Selokan Mataram. Selokan Mataram sendiri merupakan saluran air yang dibangun untuk mencukupi kebutuhan air di daerah Yogyakarta. Selokan Mataram berawal dari Ancol (Sungai Progo) dan mengalir kearah timur melewati kota Yogyakarta. Tapi kondisinya sekarang sudah tercemar seiring perkembangan daerah Yogyakarta.

Ancol merupakan lokasi wisata lokal yang biasanya ramai pada hari sabtu dan minggu atau hari hari libur. Tetapi karena tidak mendapat perhatian dari pihak pihak terkait, kini kondisinya cukup buruk dan tidak terawat. Mungkin ini karena lokasinya yang berada di perbatasan hingga kurang diperhatikan.
Bila anda ingin mengetahui kondisi Ancol tersebut, anda bisa melihat dari sedikit gambar yang saya ambil ketika saya pergi kesana. Dan parahnya lagi, ketika saya pergi kesana, kondisi sungai progo sendiri sedang surut, kering. Ini menambah kesan yang tidak baik pada ancol. Next time kalau saya berkesempatan pergi kesana dan sungai progo sedang deras alirannya, akan saya foto dan saya posting lagi. Ini beberapa view dari Ancol. Silahkan……










2 Tanda Mata:

Ancol. . .
Aku banyak menyimpan kenangan bersama teman teman seklah ku disini. . . .
Aku gak akan lupain kalian my friends

Posting Komentar